Senin, 09 Juli 2007

4 Vitamin Penting Untuk Kulit

Kalau Anda mengira perawatan tubuh cukup hanya dengan mengkonsumsi makanan yang biasa disantap, Anda baru setengah betul. Agar kinerja tubuh semakin baik, ada beberapa tambahan makanan yang penting untuk dikonsumsi, salah satunya adalah vitamin. Berikut ini daftar beberapa vitamin yang sebaiknya jangan dilewatkan.

Seperti yang telah kita ketahui, vitamin dalah zat yang sangat dibutuhkan tubuh agar semua bagian dari tubuh tetap berfungsi dengan optimal, tentunya termasuk juga kerja dari sel-sel kulit. Untuk mendapatkan asupan vitamin yang cukup, kita bisa mendapatkannya lewat makanan. Alternatif lainnya adalah melalui tambahan suplemen.

Untuk kulit, tambahan suplemen ini bisa didapatkan secara oral (diminum) maupun berupa kosmetik yang dapat dioleskan pada permukaan kulit. Dua macam cara ini bermanfaat untuk membantu melawan penuaan dini pada kulit. Berikut ini adalah beberapa vitamin yang berguna menjaga kesehatan kulit Anda.

Vitamin A
Fungsi utama vitamin A pada proses penyehatan kulit adalah mendukung perkembangan dan regenerasi sel-sel kulit. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan kulit kering dan bersisik. Produk-produk Vitamin A merangsang pembelahan sel pada kulit bagian atas dan meningkatkan fungsi sel-sel yang melindungi kulit. Sebagian besar vitamin A ini dikemas dalam bentuk vitamin yang siap pakai dan pelembap kulit dengan pelindung UltraViolet bagi kulit yang kering. Saripati dari vitamin ini dikenal dengan nama Retin A, maupun Retinol/Retinoid. Bahan ini kini kerap dijumpai pada produkproduk perawatan kulit karena manfaatnya untuk meluruhkan kulit mati, sehingga sesuai untuk kulit yang berkerut (lapisan kulit atas luruh hingga yang nampak adalah kulit lapisan bawah yang lebih segar), dan juga kulit berjerawat (kandungan asamnya membuka
sumbatan yang ada pada pori-pori kulit).

Vitamin B
Untuk menjaga kelembaban dan meregenerasikan kulit Zat Panthenol yang dihasilkan dari vitamin B adalah satu-satunya zat dari vitamin yang dapat dioleskan pada bagian luar kulit, dan dapat diserap sampai lapisan kulit bagian dalam. Manfaatnya adalah menjaga keseimbangan dan sekaligus menjaga kelembapan, sehingga efeknya menyeimbangkan dan menjaga kelembaban kulit. Karena sifatnya yang lembut dan mampu memperbaharui jaringan sel kulit, juga efeknya yang ringan di sinar matahari, maka tidaklah mengherankan jika vitamin ini sering dikemas dalam aroduk-produk perawatan kulit harian maupun malam hari. (Day cream dan Night cream).

Vitamin C
Manfaat utamanya adalah mengurangi kerusakan sel dan menguatkan jaringan kolagen. Sel-sel tubuh kita, termasuk juga sel-sel kulit tiap hari "digempur" oleh zat perusak yang bernama radikal bebas, yang mana zat perusak ini dihasilkan oleh banyak hal seperti sinar ultar violet dari matahari, polusi, bahkan juga stress yang dialami oleh tubuh kita sendiri. Untuk melawan zat radikal bebas tersebutlah kita membutuhkan vitamin C. Vitamin C berfungsi sebagai penangkap zat-zat radikal tersebut (disebut dengan istilah antioksidan) dan melindungi sel-sel kulit dan tubuh. Selain itu vitamin C juga dapat menggerakkan aktivitas sel kulit, dan membantu pembentukan jaringan kolagen (jaringan yang membuat kulit elastis) serta membantu proses penyembuhan. Vitamin ini biasanya dikemas dalam kapsul kecil, atau dicampur dengan emulsi yang lain, karena sifat dari vitamin ini yang rapuh dan mudah terurai.

Vitamin E
Berfungsi sebagai Penangkap Zat Radikal atau antioksidan dan Pelindung Kulit Kekurangan vitamin ini membuat kulit nampak berkerut. Fungsi dari vitamin E ini sama seperti vitamin C, yaitu sebagai penangkap zat radikal, memperbaiki penuaan dini pada kulit serta memperbaiki kelembabannya. Kelebihan lainnya adalah vitamin E ini juga memelihara, bahkan meningkatkan tingkat kekenyalan/ elastisitas pada kulit. Ini berarti dengan vitamin E kulit dapat bertahan untuk nampak lebih kencang dan tidak mudah berkerut. Vitamin ini juga mengurangi infeksi karenanya vitamin E ini sangat baik untuk kulit yang sensitif, contohnya sensitif pada sengatan matahari. Pada produk-produk pelindung kulit/tabir surya, vitamin ini digunakan sebagai penghalang melawan efek-efek luar yang dapat menyebabkan kekeringan pada kulit.

Tidak ada komentar: