Rabu, 10 Februari 2010

Minum Susu Saat Hamil Hadang Risiko Multiple Sclerosis

Bayi yang lahir dari ibu yang semasa hamilnya rajin minum susu dan sering mengonsumsi makanan mengandung vitamin D, lebih rendah risikonya untuk terkena penyakit multiple sclerosis.

Kesimpulan tersebut dihasilkan berdasarkan studi yang melibatkan 35.794 responden yang terdiri dari perawat yang ibunya memberikan informasi tentang pola makan mereka selama hamil. Selama 16 tahun kesehatan mereka terus dipantau dan 199 responden menderita penyakit multiple sclerosis (MS).

Multiple sclerosis adalah penyakit yang menyerang susunan saraf pusat dan menyebabkan kecacatan saraf berupa kebutaan, kelumpuhan anggota gerak dan kemampuan bicara. Kerusakan sel-sel otak disebabkan oleh proses inflamasi dan kerusakan pada myelin, lapisan pembungkus serabut saraf dan degenerasi sel-sel saraf.

"Kami menemukan risiko MS pada anak yang ibunya minum empat gelas susu per hari selama hamil, 56 persen lebih rendah dibanding anak yang ibunya jarang minum susu," kata Dr.Fariba Mirzaei dari Harvard School of Public Health, AS. Selain konsumsi susu, para peneliti juga menemukan risiko terkena penyakit MS bisa ditekan bila ibu hamil mengalami kecukupan vitamin D.

Tidak ada komentar: