Jumat, 22 Januari 2010

Serius atau Main-main? Lihat Saja Tatapannya!

Tatapan mata seorang pria akan mengisyaratkan kepada Anda apakah ia berniat menjalin hubungan serius atau sekedar kencan sesaat, demikian diungkapkan sebuah penelitian.

Jika pria mempertahankan kontak mata untuk periode cukup lama, berarti ia berpikir bahwa kencannya adalah jalan untuk hubungan jangka panjang. Tetapi bila tatapannya secara teratur berpindah-pindah dari wajah ke tubuh, artinya pria memikirkan hal lain atau sekedar hubungan sesaat.

Seperti dilaporkan Daily Mail Selasa (14/1/2010), riset yang dilakukan Tom Currie dari Universitas Tokyo menemukan, ternyata wajah jauh lebih penting ketimbang tubuh jika seorang pria sedang mencari pasangan hidup.

"Jika Anda sedang menjajaki hubungan jangka panjang, Anda akan mencari pasangan yang ramah, lucu, menyenangkan dan kooperatif - informasi itu kita peroleh dari wajah," ungkap Psikolog Anthony Little dari Stirling University.

"Tetapi jika seorang pria mencari hubungan sesaat, mereka tidak peduli apakah seseorang mempunyai wajah yang manis. Tubuh menjadi sedikit lebih penting. Mereka mengalihkan perhatiannya," tambah Anthony.

Kesimpulan itu diambil dari sebuah riset melibat 260 relawan, dengan komposisi pria dan wanita yang sama. Mereka diminta untuk memperhatikan gambar model-model dari lawan jenis yang hanya memakai pakaian dalam.

Mereka kemudian diminta untuk membuat rata-rata daya tarik setiap model untuk hubungan jangka panjang atau kencan sesaat. Pertama-tama, mereka diperlihatkan gambar-gambar para model secara terpisah yakni bagian tubuh dan wajah, lalu mereka diminta membuat rata-rata secara individu sebelum menyusun rata-rata gambar yang lengkap.

Untuk konteks hubungan jangka panjang, hanya 20 persen pria memberi skor lebih tinggi pada gambar dari bagian tubuh dibanding penilaian untuk wajah para model. Akan tetapi, ketika diminta menilai rata-rata untuk kencan sesaat , 40 persen pria menempatkan tubuh model pada rata-rata lebih tinggi dibanding gambar wajah.

Jadi, buat Anda para wanita, lihat saja tatapan calon pacar Anda saat kencan pertama. Apakah ia bakal serius atau sekedar main-main!

Tidak ada komentar: